Mengatasi Canon IR 3300 hasil fotocopy putih polos : contoh kasus

Mengatasi Canon IR 3300 tidak ada hasil, sebelum jauh menuju topik bahasan seperti biasa akan saya ceritakan dahulu maksud dari judul artikel kali ini adalah mengatasi canon ir 3300 tidak keluar hasil, maksudnya adalah hasil fotocopynya putih polos, namun mesin tidak ada tanda error apapun, alias ini mesin dalam kondisi yang prima.

Mengatasi IR 3300 Hasil polos putih

seperti yang sudah sudah jika artikel ini saya tulis berdasar dari hasil perbaikan yang saya lakukan, dimana pada hari ini ada telephon masuk dari pengguna mesin canon IR 3300 mengutarakan maksudnya untuk meminta bantuan saya melihat mesin fotocopy nya yang tidak mengeluarkan hasil alias putih polos.

setelah sedikit bertanya keruskan yang dimaksud kemudian saya jadwalkan untuk bisa melihat terlebih dahulu tentang kendala yang diutarakan si bapak tersebut, terkadang apa yang dikatakan pengguna tentang kerusakan yang dimaksud, saat ada di lokasi ternyata kerusakan berbeda. sehingga hal pertama yang saya lakukan adalah.

Melakukan checking
saat percobaan pertama ini saya memegang indikasi yang tadi diutarakan konsumen dengan membawa beberapa part yang biasa menyebabkan hasil polos, saya menuju ke lokasi mesin guna memastikan kerusakan yang terjadi, syukur syukur feeling saya tepat tentang penyebabnya, jadi tidak perlu bolak balik untuk perbaikan.


  1. Testing pertama
untuk hasil putih polos yang pertama perlu saya lihat apakah drum berputar atau tidak, kemungkinan seret bisa jadi penyebab hasil fotocopy tidak ada hasil, gear drum yang patah juga bisa menjadi penyebab, maka test pertama ini dilakuakn dengan cara melihat putaran drum caranya;

- Buka open door
-Buka tutup Drum unit yang di luar, kemudian test satu lembar,

Dari proses copy satu lembar sudah bisa diamati putaran drum, dan pada mesin ini ternyata drum berputar, dengan berputarnya drum berarti wiper blade dan gear pemutar drum dalam kondisi aman.

      2.Testing kedua
setelah mengetest drum yang ternyata kondisinya bagus, sekarang giliran Develope yang perlu saya check apakah berputar atau tidak, cara yang saya lakukan adalah dengan cara ini;

  • Mengeluarkan unit drum, jangan takut keluarkan saja tidak akan ada maslaah
  • Setelah drum keluar naikkan tuas pengunci tanpa ada drum
  • kondisi open door close tetap terbuka, diganjal saja
kemudian saya lakukan pengetesan 1 lembar untuk melihat apakah roller magnet berputar, namun ternyata roller magnet berputar.
dari kedua test diatas, saya ambil kesimpulan jika area printing tidak masalah, karena semua part bekerja normal, dan menurut pemilik mesin juga drum sudah di ganti dengan yang baru, berarti ada penyebab serius yang harus dilakukan.

Cara Mengatasi Hasil Fotocopy putih polos IR 3300

berbekal dari dua test diatas akhirnya saya ambil beberapa perbaikan untuk segera mengatasi masalah ini, dan inilah yang saya lakukan;

     A.Melakukan Clear
Langkah awal dari semua kerusakan adalah dengan melakukan clear error terlebih dahulu di save mode, siapa tahu ini hanya error yang hanya lewat, siapa tahu berhasil sih, namun tak berhasil, maka lanjut pada perbaikan yang kedua.

    B. Membersihkan Soket DC ke mainboard,RAM dan semua soket kabel
langkah selanjutnya yang saya ambil adalah dengan membersihkan soket soket yang ada di DC control, karena cara ini pernah saya gunakan pada jenis mesin yang berbeda dan berhasil.

saya berharap pada mesin IR 3300 ini juga bisa berhasil agar kerusakan tidak berlanjut lebih lama lagi, 

setelah semua dibersihkan, saatnya melakukan testing dengan berharap cemas, kira kira berhasil tidak yaa,, namun ternyata berhasil, mesin Canon ir 3300 dengan hasil polos sudah teratasi, semoga tidak kumat lagi.


Masukkan email dan klik subscribe untuk mendapatkan update artikel terbaru:

Artikel Terkait

0 Response to "Mengatasi Canon IR 3300 hasil fotocopy putih polos : contoh kasus"

Post a Comment

berkomentar lah sesuai topik posting
jangan jualan obat,jangan pakai link aktif