Btc roulette Hasil Fotocopy bercak toner pada canon ir 4570, ini penyebabnya - Pesan Copy

SPESIALIS TUKAR TAMBAH MESIN FOTOCOPY,JUAL BELI MESIN LOKAL REKONDISI


HUB: TELP DAN WA 0812 8466 9334

Hasil Fotocopy bercak toner pada canon ir 4570, ini penyebabnya

Hasil Fotocopy bercak toner -  Mekanisme pembersihan drum unit dari sisa toner bekas proses cetak dilakukan oleh wiper blade, sisa toner kemudian dialirkan menuju waste tank melalui gerakan putar pada feedscrew, agar toner tidak mengendap yang bisa berakibat pada hasil fotocopy bercak toner.

kenapa toner yang semestinya mengalir lancar ke waste tank bisa tumpah atau berserakan diatas kertas, seperti pada kasus yang dialami oleh sobat di Sragen, dimana dia sudah mengganti part yang semestinya diganti seperti roller charging maupun wiper blade, karena asumsi awal belum mengarah kepada penyebab hasil kotor ini. setelah penggantian part tersebut hasil fotocopy tetap saja banyak kotoran, ketika dibuka pintu samping terlihat banyak kotoran toner yang tumpah, seperti tempat toner yang kelebihan muatan.

sebenarnya seperti apa mekanisme aliran toner bekas yang lancar, pesancopy coba sedikit memberikat uarain atas mekanisme aliran toner pada ir 4570.

Alur limbah toner pada canon ir 4570


hasil fotocopy bercak toner
Alur limbah toner


1. Limbah toner yang tergores oleh wiper blade akan ditampung diarea dibawahnya, untuk kemudian diumpan ke waste tank.

2. Area dibawah wiper blade terdapat feedscrew yang berputar seiring putaran drum untuk membawa sisa toner menuju waste tank, ada atau tidak sisa toner diarea ini, feedscwer akan tetap berputar, selain untuk mengakut sisa toner ke waste ,ia juga berfungsi untuk menjaga agar tidak ada gumpalan toner bekas yang akan mengeras jika tidak di tarik ke depan.

3. Untuk mencegah kebocoran sisa toner karena overload, pada waste tank dilengkapi dengan sensor, waste tank mampu menampung hampir 2liter toner bekas, jika kuantity limbah toner sudah hampir penuh maka box akan sedikit turun karena beban, gerakan waste toner yang turun ini akan menutup sensor dan memicu sensor menyala, sebagai tanda jika waste tank sudah penuh.

Baca juga artikel ini :

Mengatasi hasil fotocopy terpotong dari adf

Cara mudah membuka drum canon IR 4570

pada kasus yang terjadi kali ini ternyata ada hambatan dialur toner bekas dari drum menuju waste tank.
hasil fotocopy kotor
Hasil fotocopy kotor toner

terlihat dari ceceran limbah toner yang begitu banyak keluar, dari gambar tersebut bisa kita simpulkan jika hambatan terjadi pada area feedscrew, untuk lebih jelasnya coba kita urai terlebih dahulu prose kerja yang ada di dalam feedscrew tersebut.

Proses kerja Feedscrew

1. Sisa toner yang terkikis oleh wiper blade dan jatuh diarea feedscrew
2. pada ujung dari feedscrew terdapat gear yang berputar karena gerakan putaran dari drum, karena ujung drum terdapat gear yang terkait dengan gear feedscrew.
3. Selama drum berputar ,jika tidak ada masalah pada gear feedscrew, maka sisa toner akan mudah mengalir ke box sisa toner.

dari proses kerja yang diuraikan diatas tampak bahwa feedscrwe akan terus berputar selama drum unit juga berputar, feedscrew menjaga agar tidak terjadi endapan toner di bawah drum, jika terjadi endapan dibawah drum, maka sisa toner akan mengeras dan menghambat kerja drum.

Cara mengatasi hasil fotocopy kotor toner pada ir 4570
pada awal saat melihat hasil fotocopy kotor, yang terpikir adalah mengganti wiper blade, karena menurut asumsi bahwa mungkin wiper blade bocor atau sudah aus, sehingga tidak benar-benar bersih mengikis toner yang menempel di permukaan drum , alhasil toner yang tidak terkikis menempel pada kertas yang melewati drum, ternyata hal ini salah.

setelah mengganti wiper blade tidak berhasil maka saya ingat pada kasus serupa namun berbeda mesin, tepatnya, hasil kotor pada mesin ir 3300, berdasar pengalaman tadi akhirnya mencoba untuk membongkar area di bawah drum atau feedscrew, feedscrew itu seperti bor yang ada dibawah drum, ternyata benar bor itu tidak bergerak atau tidak berputar normal dan sisa toner juga memenuhi area tersebut.

mengatasi hasil fotocopy bercak toner
gear bor feedscrew patah


setelah membongkar lebih dalam lagi ketemu sudah penyebab dari tidak bekerjanya bor ini, yaitu gear penggerak bor ada yang rontok dan juga ujung pengait bor, tempat disambungkannya bor dengan gear sudah gompal, hasilnya bor tidak bisa berputar untuk menarik sisa toner menuju waste tank.

Demikian rekan ulasan sedikit tentang hasil fotocopy yang penuh dengan kotoran toner, salam terima kasih untuk rekan di sragen, semoga posting ini bermanfaaat terima kasih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hasil Fotocopy bercak toner pada canon ir 4570, ini penyebabnya"

Posting Komentar

berkomentar lah sesuai topik posting
jangan jualan obat,jangan pakai link aktif, komentar tanpa nama tidak akan kami publikasikan