Btc roulette Pengertian Printer InkJet - Pesan Copy

SPESIALIS TUKAR TAMBAH MESIN FOTOCOPY,JUAL BELI MESIN LOKAL REKONDISI


HUB: TELP DAN WA 0812 8466 9334

Pengertian Printer InkJet

Printer Inkjet - adalah Jenis printer yang bekerja dengan menyemprotkan tinta terionisasi diatas selembar kertas. mekanisme pencetakan pada printer inkjet adalah sebuah print head memiliki beberapa buah nozzel yang juga disebut jet, akan menyemprotkan tinta halus yang terionisasi ,ketika ada kertas yang melewatinya, metode penyemprotan ini lah yang disebut sebagai InkJet.

Printer Inkjet


Printer inkjet umumnya memiliki resolusi diatas 300 titik per inchi (dpi), semakin besar dpi(dot per inc) maka semakin jelas dan cerah kualitas gambar yang akan dihasilkan, Dpi adalah satuan dari resolusi/kerapatan warna, sebagai contoh ada sebuah kotak di kertas dengan ukuran 2 inchi, jika printer inkjet memiliki resolusi 300dpi, berarti kotak tersebut akan menampung 600dpi, kualitas gambar yang memiliki resolusi tinggi akan terlihat sewaktu kita melakuan Zoom pada gambar, semakin zoom umumnya gambar akan buyar, namun jika gambar tersebut memiliki resolusi yang tinggi maka gambar tidak akan buyar karena kerapatan warna tadi.

Karena tingkat resolusi yang begitu tinggi dari printer Inkjet ini maka sering kali printer ini bermanfaat untuk melakukan pencetakan foto, bagi anda yang memiliki usaha fotocopy mungkin harus melengkapi peralatannya dengan printer Inkjet untuk menghasilkan cetak foto yang berkualitas tinggi.

Baca Juga : Buka usaha Fotocopy :Peralatan yang wajib anda miliki
Sebuah printer inkjet mampu mencetak dokumen dalam dua pilihan warna, mau hitam putih atau berwarna, karena printer inkjet umumnya memiliki 2 cartridge atau tabung tinta dua buah yang terpisah, satu cartridge untuk warna Hitam dan cartridge yang satunya untuk tinta berwarna yang mengandung pigmen warna primer (Cyan,Magenta, dan Kuning). hal ini memungkinkan kita untuk mengatur output dokumen.

Kelebihan Printer Inkjet


1. Harga Murah dan terjangkau
2. Beberapa printer Inkjet juga memiliki fitur Fotocopy,scan dan fax
3. Ukurannya kecil sehingga mudah untuk dipindah kemana mana
4. Menghasilkan gambar foto dengan kualitas tinggi layaknya profesional
5. Menawarkan harga yang murah untuk mencetak dokumen penuh warna.

dibalik keuntungan tesebut ada beberapa kekurangan dari printer Inkjet

Kelemahan Printer Inkjet


1. Membutuhkan waktu pengeringan dari hasil cetakannya, untuk cetakan gambar dengan blok bidang warna yang luas membutuhkan lebih banyak waktu agar tinta benar-benar kering,dan menempel erat di kertas.
2. Kecepatannya rendah, printer inkjet tidak dirancang untuk pencetakan dengan volume tinggi.
3. Harga Cartridge yang mahal. terkadang beberapa kali ganti cartridge sudah bisa untuk membeli printer baru.
4. Membutuhkan Tinta jenis Khusus

Perawatan Printer Inkjet

agar printer selalu terjaga dan selalu berfungsi setiap kita memerlukannya maka kita pun perlu untuk melakukan perawatan secara berkala, perwatan printer inkjet terasa lebih rumit dibanding dengan mesin fotocopy karena item yang ada di printer inkjet jauh lebih kecil kecil dibanding dengan mesin fotocopy.

ada dua langkah untuk melakukan perawatan pada printer inkjet anda, inilah yang harus dilakukan

1. Perawatan dengan menggunakan software

dengan software yang sudah turut ter-install ketika anda menginstall driver printer maka dari situlah anda perlu untuk melakukan perawatan, perawatan melalui sofware meliputi

a/ Nozzel check
b. Head cleaning
c. Head Alignment

semua hal dapat anda jumpai ketika anda membuka sofware, klik kanan pada driver printer anda dan klik propertise maka akan tampil jendela maintenace.

Printer Propertis

2. Membersihkan roller feed paper

Roller feed adalah roller yang bertugas menarik kertas, posisinya pastinya ditempat anda meletakkan kertas saat akan menggunakan printer, karena tugasnya menarik kertas dan terkadang kertas meninggalkan debu pada roller ini, jika roller ini tidak dibersihkan akan berakibat roller tidak konsisten menarik kertas dan terkadang malah tidak mau menarik sama sekali.

Bersihkan roller ini dengan cairan alkohol atau sejenisnya yang cepat kering dan tentunya dapat membersihkan roller feed dari kotoran yang menempel.

Demikian kiranya panjang lebar penjelasan tentang Pengertian printer inkjet semoga menjadi tambahan ilmu bagi anda, terima kasih

Subscribe to receive free email updates: