Fotocopy Bolak balik Paper jam di Unit 2, dibahas disini

Fotocopy Bolak balik Paper jam di Unit 2, dibahas disini - Paper jam di unit 2 merupakan kasus yang sering dialami oleh sebagian pengguna mesin ir5000 saat akan mengcopy bolak balik, mesin fotocopy IR5000 memiliki 2 buah unit,Unit satu yang berisi komponen pemanas dan unit dua sebagai jalur untuk melakukan fotocopy bolak balik, di unit inilah kertas yang telah berisi data pada sisi yang satu menunggu untuk melakukan proses pencetakan pada sisi yang lainnya, namun kadang kala sering sekali kertas tidak mau berjalan karena beberapa hal yang akan kita urai pada artikel ini.

Selain sebagai jalur kertas bolak balik, di Unit inipula jalur kertas dari laci 2 akan berjalan,jadi ada beberapa motor yang disematkan pada unit 2 ini sebagai penarik kertas, sehingga kita tidak bisa untuk langsung penyimpulkan motor mana yang harus di salahkan ketika terjadi jam di area duplex, untuk itu mari kita pelajari alur kertas bolak balik berdasar pada beberapa kasus dan pengalaman saya:

Baca Juga: Paper jam di area pemanas, apa penyebabnya??

1. Delivery Flapper
Saat mesin menerima sinyal fotocopy bolak balik maka flapper akan membuka untuk mengalirkan kertas menuju sensor PS38 (reversal sensor/Sensor pembalik/mundur), bila flapper tidak membuka maka kertas akan menumpuk didepan pemanas, biasanya sampai melipat lipat kecil, serta ketika sensor PS38 tidak kembali ke posisi semula biasanya kertas akan jam di area roll paling besar(reversal roller),


gambar motor M14 dan M29 sebagai motor duplex
2. Reversal Motor (M14)
Motor inilah yang bertindak untuk menarik kertas dari PS38 agar kertas mengalir ke area Duplex. Motors ini menggerakkan roller yang paling besar,bila motors ini lemah dapat saya pastikan kertas jam di area bawah roller reversal, kasus dilapangan ketika jam di duplex biasanya motor ini yang saya ganti.


3. Duplex motor kiri (M29)
Setelah kertas melewati Reversal motor maka giliran duplex feeding left motor yang bekerja untuk meneruskan aliran kertas ke roller selanjutnya, begitu juga bila motor ini mati/lemah/rusak, maka kertas akan tertahan di area roller reversal belum sepenuhnya kertas keluar dari roller reversal.anda patut untuk mencoba mengganti motor ini bila terjadi jam di duplex.

4.Duplex Motor kanan (M18)
ketika motor ini bekerja, kertas sepenuhnya telah keluar dari roller reversal dan ujung kertas telah berada di roller kecil yang sebelah kanan, bila motor ini mati maka proses aliran kertas akan terhenti di area ini, maka motor inipun patut untuk dicurigai.

Baca Juga : Paper jam di ujung Exit,bagaimana mengatasinya

5.Motor Vertical Path feeding
Motor ini menggerakkan roller yang berada di paling ujung kanan dari unit 2, dari sekian banyak motor, motor ini sering sekali rusak ditandai dengan kertas yang terhenti di ujung duplex ketika penutup duplex dibuka maka kertas akan berada di ujung daripada duplex,

6.Roller
yang tak kalah penting adalah roller yang ada di duplex, coba anda perhatikan satu persatu apakah roller masih bagus kasar atau sudah halus, jalannya kertas ditentukan oleh daya tarik roller yang masih bagus, walau motor bagus namun rollernya halus itu sama saja, kertas tidak akan mampu mengalir dengan sempurna.

Nah demikian penjabaran tentang  Fotocopy Bolak balik Paper jam di Unit 2, menganalisa satu persatu motor adalah langkah yang bijak untuk menentukan motor mana yang lemah atau rusak, semoga info saya bermanfaat bagi anda, dan bilamana ada salah mohon ditambahkan

Subscribe to receive free email updates:

Artikel Terkait

31 Responses to "Fotocopy Bolak balik Paper jam di Unit 2, dibahas disini"

  1. mas bro, mesin saya ir5020. kalau buat finisher lancar. akan tetapi kalau buat bolak balik selalu ngejam waktu jalan ke unit 2/duplex. terkadang didalam roll besar di unit 2 yang pas dibawah cakar. apakah mungkin delivery paper yang rusak?? trimakasih sebelumnya 😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama seperti punya saya gan..kalau buat finisher lancar. tapi kalau buat bolak balik selalu ngejam waktu jalan ke unit 2/duplex

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Saya punya 5020 tidak bisa finisher dan bolak balik, dicari permasalahan apa mungkin di DC duplex, motor penggerak, ada temanku bawakan unit 2 duplex dicobakan ke mesinku ternyata mesinnya normal kembali. Saya langsung berpikir mendingan beliin unit 2 duplex langsung aja. Memang harganya juga kisaran 1,5 jt.

      Hapus
  2. hudha : coba check motor reverse, motor yang memutar roll besar

    BalasHapus
  3. Mas mau tanya,,punya saya motor reversenya gk berputar..penyebabnya apa y? Mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. @hanif: motor reversal yg tidak bekerja. Bisa mungkin karena ada error pada sensor sebelum kertas sampai ke motor reversal. Sehingga rerlihat motor tidak bekerja.. perlu di cek sensor 2 sebelum kertas masuk ke area roller reversal sebwlum memutuskan mengganti motor.. ada baiknya dicoba dengan motor mesin lain dulu supaya jelas penyebabnya.terima kasih

      Hapus
    2. Cara ngecek sensornya gmn gan? Kelihatannya normal kmbali sprti smula sensornya...maaf gan soalnya masih awam,

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    5. Dilihat saja gan. Diposisi mana kertas terhentinya.

      Hapus
    6. Dilihat saja gan. Diposisi mana kertas terhentinya.

      Hapus
  4. Mas mau tanya,,punya saya motor reversenya gk berputar..penyebabnya apa y? Mksh

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Mas ini udh dicoba unit 2 diganti total,,tp msh gk bsa.pdhl unit 2 bawaan dpasang msin yg lain jg normal..solusinya gmn y?

    BalasHapus
  7. Buat finisher jg gk bsa...

    BalasHapus
  8. Buat finisher jg gk bsa...

    BalasHapus
  9. Salam sukses om,..
    Ane pake mesin Ir 5000 hasil bolak balik kadang bergeser (kebanyakan bergesernya) apanya yg perlu di obeng om?. Terimakasih sebelumnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba cek bearing pada roller roller unit 2, roller pre register,motor register,tranfer belt

      Hapus
  10. Mantap gan mau nanya nih, kasus mesin ane klo pake kertas 80gsm cetak bolak balik lancar, tp klo pake 70gsm nyangkut di atas unit pemanas, apa yang harus di cek gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Diatas unit pemanas? Type mesin brp bang

      Hapus
    2. Pas keluar unit pemanas kertas ga naik, kertas jadi ngelipat kayak kipas, mesin ir3045 gan

      Hapus
  11. Gan, mesin foto copy klo fc cuma 1 halaman lancar tp klo pake finisher macet..
    Gmna ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. finisher yang dimaksud apakah finsher yang bisa staples itu, kalo itu biasanya rusak roller didalam finisher gan

      Hapus
  12. Gan klu finisher berfungsi tapi hanya kertas kosong yg keluar itu gimana gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba dicari cari di sini tentang hasil fotocopy kosong bang, soalnya penyebabnya banyal
      k

      Hapus
  13. Mohon bantuannya gan, transistor power ih berkali-kali dah ganti tapi tetep jebol, paling bertahan sekitar 700 kopian, pernah ganti pemanas dan power ih tetep aja transistornya kena. gimana cara ngatasinya gan? trimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakai stabiliser yang bagus bang

      Hapus
    2. Pernah dicoba bang, pinjam stabiliser punya teman merk matsuka 3000watt tetep jebol, sementara mesin yang satunya tetep aman" saja.

      Hapus
  14. Maaf mau tanya punyaku IR 5000 bolak balik A4 nya ngejem kalau lebih dari 2 lembar kertas pertama berhenti di unit 2, tapi klw F4 nya lancar mohon penjelasannya, terimakasih

    BalasHapus

berkomentar lah sesuai topik posting
jangan jualan obat,jangan pakai link aktif